Selamat Datang di Blogs SDN 1 Nagri Kidul menjadi sekolah Favorit di Kabupaten Purwakarta Propinsi Jawa Barat

PEMBELAJARAN

HASIL EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NAGRI KIDUL Kab. PURWAKARTA

STANDAR ISI

1. Kurikulum SD Negeri 1 Nagri Kidul disusun mengikuti panduan BSNP namun masih memerlukan pengembangan

2. Kurikulum SD Negeri 1 Nagri Kidul disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan    pembelajaran

3. Struktur kurikulum SD Negeri 1 Nagri Kidul kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikunya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan

4. SD Negeri 1 Nagri Kidul masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

5. SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah menyediakan beberapa jenis kegiatan ekstrakulikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.

STANDAR PROSES


1. Silabus telah sesuai dengan SI dan SKL

2. Sebagian silabus telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri maupun  berklompok


3. Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran

4. RPP tidak memperhatikan perbedaan individu peserta didik
 
5. Siswa menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan SD Negeri 1 Nagri Kidul selama pelajaran berlangsung
 
6.Guru sudah menggunakan sumber belajar lainnnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu

7. Sebagian guru sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya

8. Guru belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi serta mendapatkan konfirmasi di setiap pembelajaran

9. Proses pembelajaran disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran

10. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh Kepala SD Negeri 1 Nagri Kidul dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti.

 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam   SKL

2. Sebagian pserta didik mampu menjadi pembelajar yang mandiri

3. Sebagian peserta didik memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi

4. Peserta didik menunjukan sikap yang baik di SD Negeri 1 Nagri Kidul dan ditengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, tolernsi, kejujuran, kerja keras dan perhatian kepada orang lain

5. SD Negeri 1 Nagri Kidul menawarkan beberapa ekstra kulikuler tetapi belum sesuai dengan semua minat pesera didik

6. Nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten baik di SD Negeri 1 Nagri Kidul maupun di tengah-tengah masyarakat.

Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 1.Jumlah pendidik di SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

 2.Jumlah tenaga kependidikan di SD Negeri 1 Nagri Kidulsudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

 3.Kualifikasi pendidik di SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

 4.Kualifikasi tenaga kependidikan di SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

 5.Kompetensi pendidik di SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

 6.Kompetensi tenaga kependidikan di SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan


STANDAR SARANA DAN PRASARANA 

1.Sekolah memenuhi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) terkait dengan ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk system ventilasi dan lainnya
   
2.SD Negeri 1 Nagri Kidul memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar
   
3.Sekolah belum memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM
   
4.Pemeliharaan bangunan di SD Negeri 1 Nagri Kidul baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan
   
5.Sebagian bangunan di SD Negeri 1 Nagri kidul masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus


STANDAR PENGELOLAAN

 1.SD Negeri 1 Nagri Kidul memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga sekolah
   
 2.SD Negeri 1 Nagri Kidul mendorong kemandirian dan kemitraan dari semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan sekolah namun progresnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, parsitipatif, kolaboratif dan akuntabel
   
 3.SD Negeri 1 Nagri Kidul memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk RKS
   
 4.SD Negeri 1 Nagri Kidul sudah mensosialisasikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja seperti Kepala Dinas Pendidikan Kecamatan
   
 5.Rencana kerja tahunan mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih terbatas dalam lingkungan internal sekolah
   
 6.SD Negeri 1 Nagri Kidul melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang sekolah dan belum melibatkan warga masyarakat
   
 7.SD Negeri 1 Nagri Kidul melakukan prioritas perbaikan/pengembangan SD Negeri 1 Nagri Kidul yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar
    
 8.Pengolahan data di SD Negeri 1 Nagri Kidul berbasis ITC namun masih menggunakan program office yang sederhana dan belum erbasis website
   
 9.SD Negeri 1 Nagri Kidul belum menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga sekolah
   
10.SD Negeri 1 Nagri Kidul memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan
   
11.SD Negeri 1 Nagri Kidul melakukan superisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik
   
12.Warga SD Negeri 1 Nagri Kidul terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis
   
13.SD Negeri 1 Nagri Kidul melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis


 STANDAR PEMBIAYAAN

1.Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah
   
2.Perumusan RAPBS melibatkan komite sekolah tetapi belum melibatkan semua pemangku kepentingan
 
3.Penyusunan rencana keuangan sekolah berusaha dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel
 
4.SD Negeri 1 Nagri Kidul membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodic kepaada pemerintah dan pemangku kepentingan
  
5.SD Negeri 1 Nagri Kidul belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana untuk mencari sumber pembiayaan tambahan
   
6.SD Negeri 1 Nagri Kidul belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan dunia industri setempat
   
7.SD Negeri 1 Nagri Kidul belum menyiapkan catatan alumni
   
8.SD Negeri 1 Nagri Kidul mampu melayani siswa dari tingkatan social ekonomi namun belum melayani siswa yang berkebutuhan khusus
   
9.Sumbangan orangtua dan biaya kegiatan sekolah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua


STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN 

1.Guru di SD Negeri 1 Nagri Kidul menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai kompetensi peserta didik
 
2.Guru memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja di awal semester
   
3.Guru selalu melaksanakan penilaiandan memantau kemajuan belajar peserta didik sesuai dengan ren cana yang telah dibuat pada silabus dan RPP
 
4.Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur
   
5.Guru mengkaji ulang kemajuan peserta didik pada setiap akhir semester
   
6.Hasil tes digunakan sebagian guru untuk merencanakan perbaikan bahan pembelajaran selanjutnya
   
7.Sekolah menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran pada akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk laporan pendidikan
   
8.SD Negeri 1 Nagri Kidul menjalin kemitraan dengan orangtua dalam pencapaian hasil belajar siswa


Semoga bermanfaat, untuk pertanyaan silahkan tinggalkan komentar !!! terima kasih..

Tidak ada komentar: